Wednesday, August 24, 2022

Sebelum Cahaya

Mas Kiai Faiz minta Mas Sabrang, anak sulung Cak Nun, berbagi ilmu di Universitas Nurul Jadid dalam kegiatan Kuliah Kebudayaan: Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bersama Mas Kiai Fayyadl, Noe mengulas data, informasi, pengetahuan, wawasan (insight) dan kearifan.
Saya bilang ke Mas Sabrang saya adalah teman pamannya, Mas Faridl. Hehe Udah tua saya ya? Sebenarnya saya hanya bertemu beberapa kali dengan Faridl, yang merupakan karib dari kawan satu kos, Aziz, mahasiswa sains politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Kata kunci Mas Sabrang adalah komunikasi, dan Mas Kiai Fayyadl adalah empati. Keduanya menekankan kemanfaatan dalam tindakan kita pada liyan. Apa yang menyentuh dari cara kuliah kebudayaan? Panitia memutar lagu Sebelum Cahaya tatkala Noe menerima kenangan dari UNUJA. Lalu, setelah cahaya apa, Mas Sabrang? Saya fana. Untuk lebih jauh mengikuti perbincangan ini, Anda bisa menjelajahi rekamannnya di sini: (37) KULIAH KEBUDAYAAN "MERDEKA BELAJAR, BELAJAR MERDEKA" - YouTube.

 

No comments:

Syawalan Keduapuluhlima

Tujuan utama dari karya saya ini adalah melebihi epistemologi keilmuan Islam tradisional. Apa yang terlalu sering dielu-elukan sebagai sesua...