Friday, July 19, 2024

Kejutan untuk Biyya

Man Seeks God ini dipilih oleh Biyya sendiri tatkala kami berkunjung ke Gramedia mal Icon Gresik. Sore ini saya memberikan kejutan dengan meletakkan paket yang baru sampai di sisi ranjang kamarnya ketika penyuka lagu P Ramlee masih terlelap. Ia pun mengucapkan terima kasih setelah tahu ada buku baru. 

Saya pun suka gaya berkisah Eric Weiner dalam menganggit pengalamannya menemukan Tuhan dari delapan agama yang ditelisik oleh si wartawan tersebut. Raelisme yang memiliki anggota 80 ribu jemaah ingin menjadikan ibadah sebagai amal yang menyenangkan. Apa kita menikmati setiap detik dari kewajiban yang kita tunaikan?

Penganut Yahudi ini secara empati melihat praktik keagamaan sebagai kehendak manusia untuk meraih ketenangan. Anda ingin apa dalam beragama? Sebagai muslim, apa kita sudah mendapatkan "thuma'ninah" dalam zikir? 

Nah, sambil menunggu karya yang mengulik gagasan para filsuf tersebut didaras, saya juga mau belajar bagaimana seseorang mengambil manfaat dari pengetahuan kritis dalam menjalani kehidupan, terutama cara pengarang menjadikan ide-ide besar tak ubahnya sebuah cerita sehari-hari.

 

No comments:

Kebaikan Kawan

Mas Abdur Rozaki berkenan berbagi pengetahuan dan pengalaman di depan mahasantri Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid. Sebagai wakil r...