Saturday, August 03, 2024

Memahami Ren

Ren adalah kata kunci dalam Kitab Sabda Suci Confusius. Ia disebut sebanyak 105 kali dengan banyak erti, seperti welas asih, altruisme, cinta, kemurahan hati, kebaikan sejati, tindakan sempurna, dan perikemanusiaan.
Keluarga merupakan ajang melatih ren kita. Secara umum, keluarga kita meyakini nilai-nilai tersebut berdasarkan kitab suci dan hadis Nabi.
Tetapi, mengapa sesama kita sering bertikai dan bertikam lidah? Itu pun masalahnya masih berkisar pada apa zikir dibaca keras atau pelan? Yasinan di malam Jum'at berdasar dalil atau dalih?
Usah habiskan waktu berdebat isu perbedaan pendapat. Mari urus makan dan minum dari tanah sendiri seraya berusaha untuk menghasilkan bahan secara organik. Selain halal, kita menimbang baik sebagai syarat mutlak agar kita dapat menjaga bumi secara lestari.
Masa cuma mau makan ayam goreng kita harus pergi ke KFC dan McD? Keduanya mendukung genosida. Jelas-jelas perusahaan makanan tersebut anti-kemanusiaan.

 

No comments:

Agama Sipil dan Isu Lingkungan

Terima kasih saya sampaikan kepada Prof Zainal Sanusi, Mas Luthfi Assyaukanie, dan Mas Zuhri Humaidi yang telah menghidupkan diskusi agama s...