Friday, September 13, 2024

Nasib Madrasah

FGD Penguatan Moderasi Beragama menuju masyarakat Probolinggo yang Aman, Damai, dan Sejahtera. Saya ulas tawazun, i'tidal, dan tasamuh yang erat kaitannya dengan keamanan dan kedamaian.

Tapi, isu kesejahteraan saya serahkan kepada Gus dr Haris. Kepala Mts dan MA itu perlu dinaikkan tunjangannya agar layak. Ini jelas beririsan dengan kebijakan pemerintah lokal dan pusat.

Selain itu, banyak guru madrasah yang besaran gajinya di bawah UMR. Kita tak mungkin berharap pendidikan berjalan dengan saksama tanpa perhatian pada pemenuhan kebutuhan dasarnya.

Bayangkan seorang guru MTs hanya menerima gaji Rp 250 ribu. Saya tanya, apa cukup? Berdasarkan uraian filsafat Bapak di kelas, nilainya besar, bukan nominalnya. Sebagai pengajar, saya pun tersenyum kecut.
 

No comments:

Agama Sipil dan Isu Lingkungan

Terima kasih saya sampaikan kepada Prof Zainal Sanusi, Mas Luthfi Assyaukanie, dan Mas Zuhri Humaidi yang telah menghidupkan diskusi agama s...