Tuesday, April 17, 2007

Mencari Jejak Sebuah Manuskrip

kepada Yang Terhormat
Mas Imam Adhita
di Universitas Pontianak

Saya adalah Ahmad mahasiswa USM teman dari Pak Supriyanto. Kita pernah bertemu sebelumnya di flat Restu.

Insyaallah, saya akan melakukan penelitian tentang konsep metafisika Abdullah 'Arif di dalam kitabnya al-Bahr al-Lahut yang ditulis abad ke-12 M.

Menurut Hawash Abdullah penulis Perkembangan Ilmu Tasawuf dan Tokoh-Tokohnya di Nusantara kitab tersebut dimiliki oleh beliau yang diperoleh dari Syaikh Yusuf Tajul Khalwati (ulama Sufi dari Tanah Bugis). Tidak itu saja, kitab ini juga diwariskan kepada keturunannya.

Oleh kerana itu, saya mohon informasi tentang Hawash Abdullah yang mengakui memiliki kitab tersebut. Dalam pengantar bukunya, beliau menulis karya ini pada tahun 1980 di Pontianak, tetapi diterbitkan oleh al-Ikhlas Surabaya. Jadi, saya rasa mungkin beliau masih berada di Kalimantan Barat.Terima kasih atas bantuannya.

Ahmad Sahidah
Graduate Research Assistant
Universiti Sains Malaysia
Tel. +166074894

No comments:

Syawalan Keduapuluhenam

saya pernah mengulas buku berjudul Santri Kendilen bersama Pemuda Desa Alastengah. Karya KH Zainul Mu'ien tersebut membahas pengalamann...