Tuesday, July 26, 2022

Orang Madura di Malaysia

Setiap kali terdengar orang Madura yang bekerja di Semenanjung bercakap di banyak tempat, saya mengajak mereka berkenalan. Dari mereka, saya belajar tentang keteguhan, kesabaran, dan ketulusan. 

Dunia batin mereka saya pahami dan hayati. Mereka takzim pada kiai. Doa guru dan orang tua mereka menyinari jalan hidupnya. Setelah tahu saya berasal dari Sumenep, Pak Zaini ini bertanya, "Kenal Irwan, Mas? " Tidak. Rhoma saya tahu.

Kak Zaini bekerja di terminal Shah Alam, Selangor. Ada orang dari Pulau Garam di sini, seorang ibu, yang kami pernah bertemu di hari lain. 
 

No comments:

Syawal Kesembilanbelas

Sebelum pukul 6, kami pergi ke musala pondok untuk mengikuti pengajian kitab anggitan Imam al-Ghazali. Meskipun hari ini kosong, karena kiai...