Monday, November 21, 2022

Siasat Kepemimpinan

Mas Amin Mudzakkir, sertifikat ini sempat tertukar dengan milik Pak Mushafi Miftah. Dua hari kemudian, saya mendapatkannya. Saya tidak sempat mengecek dan membawanya begitu saja setelah penyerahan.
Siasat (siyasah) terkait dengan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan. Oleh karena kemimpinan Islam tidak dibelenggu oleh sentimen kelompok dan ideologi. 10 Kriteria kepemimpinan dalam pemikiran Ghazali memang layak ditimbang kembali dengan cakrawala baru.
Saya pun mendorong agar kelompok-kelompok mahasiswa berhasil membangun komunikasi untuk menyatukan langkah sebagai kekuatan penekan, bukan kepanjangan dari politik praktis. Ini baru strategis! Saya menyesalkan kericuhan Muspimnas PMII. Kekerasan adalah tanda bahwa pikiran sudah tidak lagi bekerja.

 

No comments:

Syawal Duapuluhdelapan

Rhoma pernah bilang bahwa Gus Dur adalah temannya. Meskipun demikian, keduanya pernah berselisih paham soal Inul. Saya pun pernah menulis op...