Tuesday, October 01, 2024

Eksil

Biyya can understand history better if she considers various perspectives on the tragedy at Lubang Buya. I recommended that she watchs the film Eksil rather than G30SPKI. 

Inilah status pembuka bulan Oktober di beranda Facebook saya. Sebagai orang yang pernah melihat film tersebut sejak kecil, saya sebenarnya tak sepenuhnya memahami kala itu. 

Kini, setelah membuka lebih banyak lembaran tentang sejarah, geopolitik, dan kekuasaan, saya melihat bahwa konflik itu berujungpangkal pada kondisi perang antara kekuatan sekutu dan komunis. 

Kini, sebagai santri saya tak ingin jadi bumper dari dua kuasa itu. Khalas. 

No comments:

Sarapan

Kami bersarapan di kafe penginapan, Kebun, Utama Raya. Sebelumnya, saya, istri, Biyya dan Zumi menikmati pagi dengan menunggu matahari terbi...