Friday, September 15, 2023

Seni

Ketika rekan-rekan mengambil gambar di pancuran untuk mendapatkan latar menara kembar Petronas, saya berfoto di depan Dewan Filharmonik Petronas. Sejak dulu saya ingin menonton persembahan orkestra di sini, yang dibawakan oleh grup dari luar. 

Sebelumnya, saya pernah menikmati pameran lukisan di Galeri Seni Petronas. Dengan merasakan bunyi dan coretan dari pengalaman orang lain, saya belajar untuk berempati dengan cara orang lain mengungkapkan diri dan perasaannya. 

Namun, sepintas saya tidak menemukan yang asing, sebab sejak kecil cita rasa musik kami telah bersentuhan dengan ekspresi dari banyak penjuru, seperti India, Arab, dan Eropa. Setelah ditelisik, bunyi biola itu sering menyeret saya pada suasana bulan puasa. Ketika hendak mengingatnya secara utuh, saya memasuki labirin. 
 

No comments:

Syawal Duapuluhdelapan

Rhoma pernah bilang bahwa Gus Dur adalah temannya. Meskipun demikian, keduanya pernah berselisih paham soal Inul. Saya pun pernah menulis op...