Wednesday, December 28, 2022

Mencari Arti

Saya membeli buku ini dari lapak yang digelar oleh mahasiswa di gazebo kampus. Bagus, cari duit dari niaga untuk turun ke jalan!
Bila diingatkan, kita tidak akan lupa bahwa manusia memiliki makna yang sama dalam memahami tanda yang ada dalam mimpi, dongeng, dan mitos.
Bila orang mati hadir dalam mimpi kita, apa sebenarnya kenyataan? Mimpi menyodorkan dunia ciptaan kita, di mana ruang dan waktu mati kutu.
Mengapa bila bermimpi kehadiran alm Kiai Ahmad Basyir, Annuqayah, meskipun beliau diam, saya merasa tentram? Karena saya memahami ada pesan yang selalu diulang untuk berjemaah dan membaca Alquran. Lebih jauh, saya memahami bahwa hidup itu tertanggungkan bila kita bersama dgn orang lain dan membaca untuk membuka jendela dunia.
Sejauh apapun keluar dari ruang dan waktu, semuanya ada di kepala. Bila diurus dengan baik, anggota tubuh lain tabik.

 

No comments:

Syawal Duapuluhdelapan

Rhoma pernah bilang bahwa Gus Dur adalah temannya. Meskipun demikian, keduanya pernah berselisih paham soal Inul. Saya pun pernah menulis op...