Tuesday, May 15, 2007

Disertasi Sudah Selesai

Kemarin saya mencetak disertasi menggunakan pencetak (printer) Hewlett Packard Laser Jet 1100. Setelah selesai, saya merasa lega karena telah menyelesaikan tugas akhir yang melelahkan. Tidak saja penulisan ini menuntut stamina dan tenaga yang cukup, tetapi juga memaksa otak terus bekerja tanpa henti selama dua tahun 4 bulan 15 hari. Meskipun, saya tidak menjadikan waktu 24 jam berkutat dengan buku yang dijadikan bahasan disertasi. Saya menyisipkan waktu untuk melakukan banyak hal, seperti membaca kajian ilmu-ilmu sosial lain, berolahraga, dan menikmati hobbi, nonton film.

Hari ini 15 Mei 2007, saya menyerahkan seluruh bab disertasi pada Profesor pembimbing. Lega rasanya saya bisa merampungkan karya ini. Namun, saya masih berusaha untuk menambah bahan, memperbaiki susunan bahasa dan kesinambungan gagasan baik antara paragraf, bab dan akhirnya seluruh disertasi mengungkapkan satu pemikiran yang jelas, sistematik dan konklusif.
Pada pertemuan ini, saya juga memberikan foto kopi tulisan saya di Utusan (3/Mei/2007) bertajuk "Keperluan Dicipta untuk Kaut Keuntungan". Paling tidak, beliau tahu bahwa pada tagline terterta Penulis adalah Pembantu Penyelidikan Siswazah di USM. Ya, saya sedang membantu pembimbing melakukan penelitian terhadap manuskrip Arab abad ke-12 yang ditulis oleh Abdullah 'Arif.

Sekarang, saya sedikit boleh santai untuk melemaskan syaraf otak yang diperas selama ini. Meskipun ada pekerjaan lain yang menunggu yaitu menulis di Jurnal Pemikir tentang 50 tahun kemerdekaan Malaysia. Tentu, saya akan memilih tema yang relatif umum, yaitu makna kebebasan dalam perspektif filsafat. Dalam benak, saya telah membayangkan untuk membaca buku Isaiah Berlin, Four Essays on Freedom dan karya-karya filosofis Jean Paul Sartre.

Latar Lagu: Soldier of Fortune Deep Purple.

No comments:

Syawal Kesebelas

Kemarin kami menghadiri halal bihalal pondok di aula 1. Acara ini dihadiri pengasuh, kepala pesantren, forkompimda, dan warga Nurul Jadid.  ...