Friday, July 29, 2005

pertemuan dengan penyelia [ke lima]

Hari ini jam 11, ada janji temu dengan penyelia [supervisor] untuk membicarakan proposal yang memasuki tahap final untuk diseminarkan. Tampak, untuk pertemuan ke sekian kalinya, aku telah merasakan 'kedekatan' intelektual, yang biasanya tak terjadi. Ada pertukaran ide, meskipun kadang lebih banyak mendengar banyak hal.
Saya ungkapkan bahwa saya percaya-diri untuk menulis tajuk Hubungan Tuhan, Manusia dan alam di dalam al-Qur'an: Sebuah kajian Terhadap analisis Semantik Toshihiko Izutsu melalui Pendekatan Hermeneutik. Tentu saja, profesor senang tapi juga memberikan masukan dan poin yang harus mendapat perhatian karena penulisan ini juga akan diuji oleh pakar. Saran beliau adalah memahami dengan kukuh, luas dan baik beberapa subjek, di antaranya:

1. Kemampuan bahasa Arab
2. Sejarah kesarjanaan Tafsir, meliputi tokoh utama, kaedah baik di dalam warisan tradisionalis, modern dan orientalis
3. Hermeneutik dan Semantik
4. Izutsu, sebagai pribadi, kesarjanaan, karya [secara menyeluruh]
5. Konteks pemikiran Izutsu di dalam kesarjanaan Jepun kaitannya dengan Pengajian Islam
6. Tema yang dibahas, iaitu, Hubungan Tuhan, Manusia dan Alam
7. Al-Qur'an dan Pemikiran Islam
8. Tafsir dan perkembangan masa kini

Acapkali, setiap pertemuan, bahkan sejak pertama kali bersua, ada sebuah kata yang ditekankan, yakni, kukuh [strong]. Ya, kata terakhir ini memang sering menari di benak ini.

Seminggu lagi, naskah proposal akan diberikan untuk diseminarkan. Semoga!

1 comment:

annaz 安阿兹 said...

All the best to you. Saya percaya you akan dapat lakukan yang terbaik. Bahkan selama beberapa minggu mengenali you, dapat dirasakan you punya lontaran idea yang baik dan juga bacaan yang luas. Semua itu adalah bonus bagi penulisan you nanti, termasuklah proposal. Keep it up & don't worry.

Syawalan Kelimabelas

Saya akan menjemput Biyya seusai mengajar pada pukul 14.20. Ketika selesai mengajar Tafsir Modern dan Kontemporer, saya segera menuju parkir...