Thursday, February 07, 2008

Majalah Baru Islam Populer


Saya mengenal majalah baru Madina yang diterbitkan oleh Paramadina dari tulisan Hamid Basyaib di situs Islam Liberal. Lalu saya mencoba mendapatkan informasi dari mesin pencari google. Syukur, majalah ini telah memuat sebagian isinya dalam situs www.madinamagazine.com, dengan gambar sampul pemain film keagamaan Zazkia Mecca. Saya juga mengamini kalau sampulnya bagus.

Di rubrik wawancara, Hanung Bramantyo menceritakan proses kreatif dalam membuat film Ayat-Ayat Cinta. Setidak-tidaknya, saya makin banyak mendengar latar film ini, karena sampai hari ini saya begitu menikmati salah satu lagu latar, Jalan Cintanya Sherina. Seperti dituturkan pria kelahiran Jogja, dia mendapatkan dana 7 milyar dari Pemilik MD Entertainment untuk memfilmkan novel karya Kang Abik. Kepercayaan ini mendorong dia untuk menghasilkan karya terbaik, meskipun dia harus mempertimbangkan banyak kepentingan antara tugasnya sebagai sutradara yang peduli untuk menyelipkan pesan, sekaligus memperhitungkan sisi komersial film ini.

Dengan ragam tema populer seperti film, musik dan sains, diharapkan majalah ini mengisi kekosongan media yang alpa terhadap isu-isu terkini, tanpa harus kehilangan identitas religiusitasnya. Bagaimanapun, saya masih mempercayai bahwa agama itu tetap memerlukan bentuk, tidak hanya isi. Ia memerlukan bungkus yang menjadi penguat dari isi, agar tidak berlerai berantakan diterpa ketidakpastian. Sebab, penganutnya secara umum adalah orang awam.

No comments:

Syawalan Ketujuhbelas

Kelas Memahami Teks Inggris: Dengan cara bandongan, setiap peserta akan membaca satu halaman dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia....