Menjelang Ramadhan


Untuk menyambut Ramadhan, PPI-USM (Persatuan Pelajar Indonesia), Forkommi (Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia di Malaysia, IPMI (Ikatan Pekerja Muslim Indonesia) melaksanakan acara tarhib di Masjid Al-Ittifaq, Sungai Nibong Kecil, Pulau Pinang. Tentu, kegiatan dua hari menjelang puasa merupakan peristiwa penting karena warga Indonesia, mahasiswa, pekerja dan warga keturunan bisa merajut kembali silaturahmi. Hal lain bahwa kegiatan ini bisa dilakukan di masjid lokal, petanda terdapat kedekatan emosional dalam banyak hal di antara kedua warga negara.

Sebagaimana layaknya kegiatan lain, jamaah mendengar beberapa kata sambutan, lalu disusul dengan tilawah al-Qur'an yang dilantunkan oleh Dede Suparna, pekerja Indonesia, dan kemudian acara pembacaan shalawat yang dibawakan dengan indah oleh para pekerja perempuan asal Indonesia. Pada detik tersebut, saya betul-betul hadir karena bacaan pujian terhadapa sang Nabi menyeret saya ke kampung halaman. Acara inti adalah pesan-pesan agama tentang pentingnya berpuasa yang dikaitkan dengan kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional. Aspek ini memperlihatkan pada hadirin bahwa kecerdasan emosional itu meliputi kemampuan mengontrol 'emosi' dan menunda pemuasaan hasrat. Nah, berpuasa itu merupakan laku untuk belajar keduanya.

Bagusnya, penulis buku Ketika Allah Menguji Kita ini banyak menyelipkan cerita untuk mengukuhkan tesis di atas, bahwa kecerdasan emosional itu penting, seraya mengutip Daniel Goldman, penulis terkenal berkait dengan kemampuan intelektual dan emosional. Tentu, yang menarik adalah bagian tanya jawab yang lebih jauh memetakan latar-belakang jamaah. Persoalan fiqh juga mengemuka, seperti apakah batal mencicipi makanan untuk mengenal rasanya bagi seorang ibu?

Akhirnya, acara yang dipandu Supriyanto, mahasiswa master Sains Komputer, berakhir dengan doa yang dibacakan oleh penceramah. Kami pun mengamini agar suara-suara keindahan itu menjadi kenyataan.

Comments

annaz said…
selamat menunaikan ibadah puasa :)
Ahmad Sahidah said…
Terima kasih Mbak Ann. Semoga berkah itu melimpah ke mana-mana.
kembangceplukan said…
wah, ikutan juga pas di masjid Bj?? dapat undangan juga, tapi ga bisa ikut...

Popular posts from this blog

Distansiasi dan Apropriasi

Bukit Kachi

Kebenaran dan Metode