Kebahagiaan dalam Buku Tipis

Dengan hanya membaca judul buku tipis ini, kita mungkin tak perlu membuka lembaran demi lembaran untuk mengetahui bagaimana meraih bahagia. Kita hanya perlu menemukan kesenangan dan makna dari kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, kata by Design seakan-akan mau menegaskan bahwa kebahagiaan itu bisa didapat dengan usaha secara sengaja, bukan tiba-tiba datang hanya karena diinginkan.

Komentar singkat Jenni Russell, Sunday Times, akan membuat pelihat penasaran: 'Few book change one's life; in 48 hours this has improved mine'. Betapa menjanjikan! Belum lagi, Daniel Kahneman, peraih Nobel dan penulis Thinking Fast and Slow, menanggapi dengan dua kata, bold and original, yang mengandaikan bahwa dalam uraiannya kita akan menikmati ide-ide bernas dan asli. Padahal, gagasan yang dimaksud bisa dirujuk pada Aristoteles.

Berbeda dengan karya tebal Darrin M McMachon, Happiness: A History, yang mengurai kebahagiaan secara teoritik, dari Herodotus hingga Freud, Paul Dolan tak banyak mengumbar pikiran-pikiran besar pemikir, malah  menyodorkan daftar-daftar sehari-hari yang terkait langsung dengan kegiatan dan peristiwa kita, seperti uang, pengalaman, anak, kawan, tidur, dll. Dengan skala 1-10 dari daftar tersebut, pembaca ditantang untuk menjawab tingkat kesulitan, sehingga siapa pun bisa menengok diri dan selanjutnya mengatasi kesukaran yang dihadapi. Akhirnya, kebahagiaan itu adalah kemampuan menjaga keseimbangan antara kesenangan dan makna hidup.

Comments

Popular posts from this blog

Distansiasi dan Apropriasi

Bukit Kachi

Kebenaran dan Metode