Wednesday, August 24, 2016

Mencocokkan Kosakata

Siang ini saya makan di kantin Zubaidah, dekat asrama Proton. Tak lama kemudian, ada tiga orang kawan yang datang untuk melakukan hal yang sama. Kami pun ngobrol ke sana kemari, termasuk soal sekolah anak. Ketika saya bilang uang permulaan, kawan saya menimpali uang pendahuluan (advanced).

Meskipun saya pernah menggunakan kata yang terakhir di atas, namun kadang istilah tersebut tidak muncul. Duit permulaan atau pendahuluan mengandaikan makna yang sama, namun kadang maknanya tak segera sampai pada orang yang mempunyai latar kebahasaan yang berbeda.

Lalu, percakapan beralih pada soal musik. Salah dari dari kawan bertanya band apa yang lagi naik daun di Indonesia. Saya jawab, "Republik". Ia pun bercerita tentang kesukaan kawannya terhadap nomor-nomor Ariel Peterpan. Saya pun menambahi bahwa saya menikmati lagu-lagu lama Semenanjung, seperti Search dan Iklim.  

No comments:

Syawal Keenambelas

Bersama TKI, kami pergi pada dini hari ke bandara ketika Anda tidur atau menonton laga bola Inggeris lwn Belgia.  Sebagian buruh dari Madura...