Monday, February 19, 2018

Menunda adalah Menimbang

According to one simple and familiar characterization, procrastination involves simply putting things off until the last minute (Chrisoula Andreou and Mark D White, The Thief of Time: Philosophical Essays on Proscratination, 2010: 3).

Adakah penundaan bisa dikaitkan dengan pembelian buku yang diingini? Artinya, sebelum buku ini dipindah dari rak pameran, saya segera membayarnya di kasir. Tidak. Isu penundaan ini jauh lebih rumit dibandingkan dengan kehendak mengoleksi karya sarjana.

Penundaan terkait dengan kesadaran tentang waktu. Ada beberapa orang yang melakukannya secara sengaja, sebab hendak menjaga hasil terbaik dengan pekerjaannya di bawah tekanan. Ahli psikologi menggali persoalan apakah penundaan memperbaiki atau mengurangi kualitas kerja dan kualitas kehidupan. Aha! Saya malah mempromosikan kumpulan karya dari pelbagai sarjana tentang waktu, alih-alih terkait dengan How Coca Cola Took Over the World. Mengapa? Saya telah berazam untuk tidak mengasup minuman yang membuat tulang kita rapuh.   

No comments:

Syawalan Kelimabelas

Saya akan menjemput Biyya seusai mengajar pada pukul 14.20. Ketika selesai mengajar Tafsir Modern dan Kontemporer, saya segera menuju parkir...