Wednesday, January 03, 2024

Cengkerama Buku

Dalam sesi tanya jawab, peserta bertanya mengapa perlu orang lain, Nietzsche, untuk memahami diri kita? Betapa generasi baru menyodorkan pertanyaan yang menarik dalam dalam bedah buku yang digelar oleh Persatuan Alumni Nurul Jadid Yogyakarta di pendopo Yayasan LKiS

Saya pun menyodorkan kutipan kalimat pertama dalam bab kedua yang menyitir ucapan Nietzsche, "Saya ingin hidup di antara Muslim untuk waktu lama, khususnya di mana iman mereka adalah paling taat: dengan cara ini saya berharap untuk mengasah penilaian dan mata saya untuk semua yang berbau Eropa".

Ketika liyan memandang kita dengan penuh simpati, tentu kita juga akan memeriksa apa respons sarjana Muslim terhadap dunia pemikiran yang juga diungkapkan dalam karya ini. Iqbal, Rahman, Arkoun, dan Bamyeh, Mawdudi hadir untuk menimbang ajaran dari dua sudut pandang, historis dan transhistoris. 

Di luar kegiatan ini, saya senang karena persatuan alumni dan komunitas Maos Bumi menyuburkan literasi di tengah kegetiran banyak orang terhadap disrupsi teknologi yang menjadikan jalan tidak lempang pada percakapan sungguh-sungguh tentang wacana keagamaan. Betapa kegiatan tersebut menyemangati kami karena mendengar dari kaum muda tentang apa yang terjadi hari ini. Setidaknya, dengan pilihan kata cengkerama, percakapan filsafat dan kajian keislaman bisa menyenangkan peserta. 

 

No comments:

Syawalan Keduapuluh Sembilan

Lagu Emansipasi Wanita Bang Haji jelas menggambarkan pandangan lama tentang kesetaraan lelaki dan perempuan. Kecia Ali menyodorkan gugatan ...