Friday, February 16, 2007

Lahir dan Latar

Sebuah gambar adalah tanda yang menyimpan makna. Saya yakin Anda akan menafsirkan sebagaimana Anda membayangkan ketika berada dalam posisi saya. Itu saja. Tapi bagi saya, ada yang perlu diberitahukan bahwa saya sebenarnya dalam keadaan tidak begitu sehat. Kepala pusing dan muntah-muntah dalam perjalanan tidak nampak pada wajah karena ditutupi senyum.

Lebih jauh, kita tidak akan pernah memahami orang lain dari lahirnya, sebab banyak yang tak terungkap di balik penampakan. Latar hijau dan wajah 'tersenyum' akan dengan mudah dilihat sebagai bentuk keriangan, padahal sang pemilik harus menahan sakit karena bertimbang rasa bahwa banyak yang lain dalam keadaan senang.

Hakikatnya, pengalaman ini membuka pikiran kita bahwa kegembiraan itu ada pada diri kita dan sekeliling. Tak perlu dicari pada yang kita tidak miliki.

No comments:

Syawalan Kelimabelas

Saya akan menjemput Biyya seusai mengajar pada pukul 14.20. Ketika selesai mengajar Tafsir Modern dan Kontemporer, saya segera menuju parkir...