Monday, February 25, 2013

Koran dan Puncak Pengetahuan

Secara kejiwaan, tubuh ini perlu ruang untuk bisa merasa kenyamanan. Ahli desain interior membantu kita. Tentu saja, pendekatannya subjektif, meskipun didasari pandangan-pandangan 'objektif' tentang benda yang terkait dengan hidup manusia.

Surat Kabar Harian Metro ini tidak hanya memuat berita tentang kriminalitas, gosip artis, atau politik, tetapi juga rubrik dekorasi. Adakah ruang kita telah memenuhi standar minimum kenyamanan, lebih-lebih keselamatan?

Selain itu, koran terbesar di Tanah Malaya ini juga memberikan kesempatan pada insan akademik untuk berbagi pandangan, cerita atau pemikiran di rubrik Pena Kampus. Saya pun pernah turut serta  untuk  meramaikan pengetahuan khalayak tentang filsafat sehari-hari (silahkan baca di sini). Betapa pun koran hari ini dianggap bacaan ringan, seharusnya siapa pun harus memikirkan untuk menjadikannya ajang menyederhanakan pengetahuan yang rumit bisa diakses oleh orang ramai. Kata Stephen Hawking, fisikawan, puncak pengetahuan itu adalah pernyataan yang bisa dipahami oleh semua lapisan orang. 

No comments:

Syawal Keempatbelas

Kami memenuhi undangan tetangga untuk memperingati 100 hari kepergian Pak Muhammad Imam Wahyudi. Sebelumnya kami mendapat surat undangan unt...