Saturday, May 19, 2018

Kisah Buku [4]

Ini adalah ruang musik Perpustakaan Hamzah Sendut Universitas Sains Malaysia. Saya selalu menyempatkan hadir di sini setelah berburu rujukan. Ada banyak koleksi lagu dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tak hanya itu, banyak buku terbitan Yogyakarta yang saya temui dan minati karena terkait dengan isu kajian kebudayaan, seperti Masyarakat Konsumsi oleh Jean Baudrillard. Dengan menyebut kode CD, penjaga ruangan akan memutarkan instrumentalia Degung, musik Jawa Barat. Menikmati bacaan kritis tentang kebutuhan manusia seraya mendengar gendang dan seruling adalah keseronokan yang tiada tara.

Jadi, dalam menyelesaikan tugas penulisan disertasi, saya memanjakan diri dengan meneroka disiplin lain yang membantu melihat kenyataan dalam banyak sudut. Malah, di sela menulis bab demi bab, saya juga menghasilkan tulisan pendek, opini surat kabar, untuk merespons isu terkini terkait politik, agama, dan bahasa di media nasional, seperti Jawa Pos, Republika, KOMPAS, Suara Merdeka, dan majalah Tempo. Pendek kata, bacaan seeloknya menjelma tulisan sebagai cara untuk memahami. Kalaupun tak berbuah opini, cetusan bisa hadir di dinding media sosial. Sial!

No comments:

Syawalan Ketujuhbelas

Kelas Memahami Teks Inggris: Dengan cara bandongan, setiap peserta akan membaca satu halaman dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia....